Thursday, March 21, 2013

Rumus Permainan Bola Tangkas - Coach Nath Bikin Pemain Pelita Jaya Lebih Ramping dan Lincah

Rumus Permainan Bola Tangkas - Coach Nath Bikin Pemain Pelita Jaya Lebih Ramping dan Lincah

Rgo88.com adalah tangkas online dengan setelan versi darat terpercaya - Bodi pemain-pemain Pelita Jaya (PJ) Esia Jakarta di Speedy NBL Indonesia Preseason Tournament 2012 terlihat lebih ramping. Semua itu merupakan latihan keras dan diet ketat yang diterapkan pelatih baru Nathaniel Canson.

---

BAGI para pemain PJ, NBL Indonesia musim ini adalah musim kerja keras. Tidak ada lagi kata santai. Tujuannya satu, menebus kegagalan merebut gelar juara dalam dua musim sebelumnya.

Masuknya Coach of the Year NBL Indonesia musim lalu dari Hangtuah Sumsel IM, Nathaniel Canson, membawa perubahan besar pada kebiasaan dan mentalitas pemain. Baru tiga bulan bekerja di PJ, coach Nath sudah membuat perubahan besar pada tim itu.

Setiap hari, kecuali Sabtu dan Minggu, pemain "disiksa" dengan menu latihan berat selama enam sampai tujuh jam pada pagi dan sore. Pada Sabtu pemain masih harus melatih otot ke gym sekitar tiga jam.

Latihan berat itu memang tidak lantas membuat PJ tidak terkalahkan. Kemarin PJ kalah 60-68 pada laga kedua preseason tournament di DBL Arena, Surabaya, saat melawan Dell Aspac Jakarta. Meski demikian, prospek tim tersebut sangat baik. Walau kalah, pemain menunjukkan semangat pantang menyerah.

Mereka juga terlihat lincah dengan bodi yang lebih ramping. Center Fidyan Dini adalah salah seorang yang mengalami penurunan berat badan paling drastis. Dua musim lalu, pada NBL Indonesia season pertama, berat pemain yang akrab disapa Yandi itu mencapai 115 kilogram. Kini beratnya menyusut menjadi 103 kilogram saja.

"Latihan keras memang membuat berat badan jadi berkurang. Selain itu, saya makan makanan rendah karbohidrat," kata Yandi. "Ini sih memang kesadaran pribadi. Sebab, kalau overweight, saya akan rentan cedera," imbuh center yang bertinggi 195 cm tersebut.

Selain Yandi, pemain lain yang mengalami penurunan berat badan signifikan adalah forwardSamuel Kurniahu. Pada akhir musim lalu Samuel memiliki berat badan 98 kilogram. Musim ini berat badan Samuel menjadi 85 kilogram atau turun 13 kilogram.

Bintang PJ Andy "Batam" Poedjakesuma juga mengalami penurunan berat dari 88 kilogram menjadi 84 kilogram. Kondisi yang sama dialami Vavories Palopo, Erick Sebayang, dan Ponsianus Nyoman Indrawan.

Coach Nath mengatakan bahwa staf pelatih fisiknya bekerja dengan sangat baik. Firdaus Chaniago bertugas mengatur pola makan. Raul Romero, fisioterapis asal Filipina, bertugas menjaga kondisi fisik pemain agar lebih fit.

Musim lalu Raul bekerja dengan PJ selama sebulan setelah mendapatkan izin dari klub lamanya, tim liga profesional Liga Filipina (PBA) Air21 Express. Raul membantu penyembuhan cedera yang dialami Kelly Purwanto dan Andy Batam. Puas dengan kinerja Raul, manajemen PJ menawarkan kontrak selama dua tahun kepadanya. "Saya berusaha agar cedera pemain bisa diminimalkan," tegasnya.

Latihan yang keras membuat kebiasaan pemain menjadi berubah. Shooter Ary Chandra mengatakan, setiap hari fokus pemain hanya latihan dan latihan. "Karena capek latihan, kami tidak punya waktu dan tenaga untuk keluar serta keluyuran malam-malam," ujarnya, lantas tergelak.

Coach Nath menegaskan, perjalanan agar timnya bisa menjadi juara sangat panjang dan berat. Ajang preseason menjadi pelajaran penting bagi timnya untuk lekas berbenah. "Dengan latihan, saya ingin membuat pemain memahami sistem saya. Itu tidak gampang. Namun, saya percaya karena pemain kami sangat pintar," papar pelatih kelahiran Makati, Filipina, tersebut. (*/c12/ang)

No comments:

Post a Comment