Thursday, March 21, 2013

Download Permainan Bola Tangkas - Tolak Pemain Egois

Download Permainan Bola Tangkas - Tolak Pemain Egois

Rgobet.com adalah tangkas online dengan setelan versi darat terpercaya - Rivaldo Tandra Pangesthio langsung menghambur dan memeluk Hutomo Rio Pangesthio sesaat setelah pengumuman 24 besar camper terbaik di DBL Arena kemarin (3/7). Rivaldo tidak menyangka kakak kandungnya tersebut juga berhasil lolos.

"Saya nggak tahu harus ngomong apa. Kaget banget, bahagia banget. Ini merupakan kejutan besar bagi kami. Saya dan Rio akan berjanji bekerja keras agar bisa terpilih menjadi DBL All-Star," ucap Rivaldo, siswa SMA Santu Petrus Pontianak, Kalimantan Barat.

Kemarin tim pelatih dari World Basketball Academy (WBA) Australia memang kembali bekerja keras mulai pukul 09.00 untuk memilih 24 camper terbaik sektor putra dan putri. Sebelum mengumumkan hasil seleksi, tim pelatih yang dipimpin Mick Downer tersebut memberikan materi tentang pengembangan permainan (game development). Ini merupakan lanjutan materi dua hari pertama yang menekankan pengembangan skill individual.

Ada empat materi yang diberikan dalam game development. Di antaranya, pass and cut, dribble drive motion, 4 v 4 shell defence, dan pick and roll offence. Menurut Downer, materi tersebut sangat penting bagi para camper untuk memahami taktik dan strategi permainan.

"Basket merupakan permainan tim. Setelah mantap di tingkatan individual, pengaplikasiannya dalam tim justru menjadi hal utama," kata asisten pelatih tim nasional muda Australia tersebut.

"Kami tidak merekomendasikan untuk memilih pemain yang egois. Oleh karena itulah, pelatihan ini sangat signifikan untuk melihat seberapa jauh seorang camper bisa menyatu dalam tim," timpal Vhalov.

Setelah memberikan empat materi mendasar terkait strategi offense dan defense, tim pelatih WBA mengadakan scrimmage game. Mulai dari konsep empat lawan empat tanpa menggunakan pick and roll, lalu empat versus empat dengan pick and roll, serta lima lawan lima.

Game tersebut menjadi acuan tim pelatih untuk meng-cut 50 besar pemain menjadi 24 besar. Hampir sama dengan sehari sebelumnya, penentuan pemain memakan waktu lama disertai perdebatan yang alot antarpelatih.

Untuk memudahkan, tim pelatih sudah mulai memisahkan pemain berdasar posisinya. Ada lima posisi yang dipilih. Di antaranya, point guard, shooting guard, wings, forward, dan center. Selain itu, tim pelatih memilih beberapa pemain combo (bisa bermain di dua posisi atau lebih). "Besok (hari ini, Red) kami akan semakin fokus. Sebab, tiap posisi sudah diketahui. Kami memiliki dua hari untuk menentukan 12 besar,' ucap Downer. (nur/c14/ang)

---

Materi Game Development

1. Pass and Cut

Latihan ini menekankan pentingnya passing yang akurat dalam posisi penyerangan. Passing yang dilakukan bervariasi. Mulai guard menuju wing, lalu guard ke guard, wing ke guard, dan skip pass. Titik fundamental latihan ini terletak dalam pengaturan tempo permainan. Bisa cepat atau lambat, bergantung situasi permainan. Camper juga diajarkan cara melakukan passing yang pas agar pemain bertahan lawan tidak bisa mengantisipasi.

2. Dribble Drive Motion

Pengajaran dribble drive sangat fundamental. Sebab, camper bisa melakukan alternatif lain jika pola pass and cut macet. Dribble drive signifikan jika rekan setim mendapatkan pengawalan sangat ketat. Sang pembawa bola bisa langsung melakukan drive ke arah jaring dan berusaha mencetak angka. Komunikasi penting agar strategi ini berjalan efektif.

3. 4 v 4 Shell Defence

Basket mengenal filosofi bahwa penyerangan bisa membawa kemenangan. Namun, dengan defense yang sempurna, sebuah tim bisa menggondol gelar juara. Tim pelatih dari WBA sadar betul dengan filosofi ini. Karena itulah, latihan shell defence mendapatkan porsi yang sangat strategis dalam game development. Salah satu prinsip yang harus dipahami adalah saat bola bergerak pemain harus bergerak dan memotong alur bola kepada lawan.

4. Pick and Roll Offense

Penyerangan dengan menggunakan sistem pick and roll adalah salah satu yang paling efektif untuk membongkar pertahanan lawan. Camper dituntut melakukan metode ini dengan screen-screen yang mulus. Tujuannya, menghasilkan serangan yang efektif. Tim pelatih WBA juga mengajarkan cara melakukan penjagaan ketat untuk mematahkan pick and roll lawan.
---

Daftar 24 Terbaik DBL Camp 2012

Putri

Guard

1. Gabby Valencia - SMA Stella Duce 1 Jogjakarta

2. Kania Puspita Dewi - SMAN 2 Bandung

3. Dita Ariyani - SMAN 36 Jakarta

4. Rayinda Andrayani Putri - SMAN 8 Bekasi

5. Katherine Candra - SMA Tri Tunggal Semarang

6. Giovanni Indah Giantoro - SMA St. Louis 1 Surabaya

7. Felicia Clarissa - SMA Santo Aloysius Bandung

8. Sartika Dewi - SMA St. Louis 1 Surabaya

9. Annisa Widyarni - SMA Al-Azhar BSD Tangerang

10. Vincensia Vinni Rushadi - SMA Santo Albertus Malang

11. Federika Bella Aditha - SMA Karangturi Semarang

12. Desak Nyoman Kutha Ratna Giri - SMAN 1 Denpasar

13. Masayu Rizka - SMAN 2 Bandung

Forward

14. Kadek Rima Anggen Suari - SMAN 1 Denpasar

15. Calista Elvira - SMA Santo Aloysius Bandung

16. Syelna - SMA Santu Petrus Pontianak

17. Adriani Nabila - SMAN 3 Jakarta

18. Kadek Pratita Citta Dewi - SMAN 1 Denpasar

19. Rinda Dahlia - SMAN 1 Samarainda

20. Amin Fatmala - SMAN 1 Sewon

21. Adella - SMA Pahoa

Center

22. Vonny Hantoro - SMA St. Louis 1 Surabaya

23. Delaya Maria - SMAN 116 Jakarta

24. Taranira W - SMA Tri Tunggal Semarang

Putra

Guard

1. Ricky Kartika Istiadi - SMAN 1 Denpasar

2. Putu Quentin Mahayana Prinzler - SMA Santo Yoseph Denpasar

3. Nuke Tri Saputra - SMAN 14 Semarang

4. Levin Louis - SMA Xaverius 2 Jambi

5. I Made Wira Satya Dharma - SMAN 1 Negara

6. I Komang Septian - SMAN 9 Surabaya

7. I Kadek Alit Suarjana - SMAN 2 Denpasar

8. Hutomo Rio Pangesthio - SMK Immanuel 1 Pontianak

9. Hans Abraham - SMA 1 PSKD Jakarta

10. Erwin - SMA Santo Petrus Pontianak

11. Dominico Savio Rajendra - SMA Karangturi Semarang

12. Andrey Rido Mahardika - SMAN 116 Jakarta

Forward

13. Taufik Ramadhan - SMAN 3 Jakarta

14. Rizqi Iman Pangestu - SMAN 5 Denpasar

15. Rivaldo Tandra Pangesthio - SMA Santu Petrus Pontianak

16. Muhammad Sandy Ibrahim - SMA 1 PSKD Jakarta

17. Muhammad Reza Fahdani Guntara - SMAN 9 Bandung

18. Kennard - SMA Trinitas Bandung

19. Julius Caesar Wongso - SMA Santo Petrus Pontianak

20. Ferdian Dwi Purwoko - SMA Islamic Village Tangerang

Center

21. Vanodya Augusta T. - SMAN 16 Surabaya

22. Marvanico Tjokrosoeharto - SMA Kolese Santo Yusup Malang

23. Juan Laurent Kokodiputra - SMA Trinitas Bandung

24. Aric Soedarsono - SMA Xaverius 1 Palembang

No comments:

Post a Comment

Post a Comment