Thursday, March 21, 2013

Cheat Bola Tangkas Terpercaya - Paling Seru, Papan Atas Siap Bergolak

Cheat Bola Tangkas Terpercaya - Paling Seru, Papan Atas Siap Bergolak 

Rgo88.com adalah tangkas online dengan setelan versi darat terpercaya - Speedy NBL Indonesia Preseason Tournament 2012 bakal lebih seru daripada dua edisi sebelumnya. Semua tim akan menurunkan skuad terbaik. Papan atas siap bergolak dengan perubahan besar-besaran yang tim-tim kuat lakukan.
---
Untuk kali pertama turnamen pemanasan Speedy NBL Indonesia diselenggarakan di DBL Arena Surabaya. Dua edisi sebelumnya selalu digelar di GOR Bimasakti Malang yang musim ini ”promosi” menyelenggarakan salah satu seri musim reguler.
CLS Knights Good Day Surabaya yang menjadi juara turnamen pemanasan tahun lalu kali ini tentu ingin mempertahankan gelar di kota sendiri. Namun, mereka harus melalui jalan terjal untuk mewujudkannya. Sebab, musim lalu mereka tampil dengan skuad nyaris lengkap pada saat kekuatan para rival banyak tereduksi.
Tiga tim favorit juara, yakni Satria Muda (SM) Britama Jakarta, Dell Aspac Jakarta, dan Pelita Jaya (PJ) Esia Jakarta, waktu itu banyak mengandalkan pemain muda. Sebab, banyak pemain inti mereka yang mengikuti pelatnas proyeksi SEA Games 2011. 
Nah, itu tidak terjadi lagi di turnamen pemanasan kali ini. SM, Aspac, dan PJ bakal turun dengan kekuatan penuh. Aspac dan PJ bahkan melakukan perubahan besar-besaran yang berpotensi membuat mereka lebih kuat dibanding musim lalu.
Aspac menunjuk head coach baru Jugianto Kuntardjo. Dia menggantikan pelatih kepala sebelumnya, Tjetjep Firmansyah, yang naik pangkat menjadi general manager. Menarik untuk ditunggu apakah gaya main Aspac yang dilatih Tjetjep sejak 2000 akan banyak berubah di tangan Yute, panggilan Jugianto Kuntardjo, nanti.
”Saya meneruskan jalur yang sudah dibuat coach Tjetjep. Tapi, tentu ada perubahan juga yang saya jalankan. Basket adalah soal momen. Kami terus bersiap sebaik mungkin untuk menghadapi momen-momen selama liga nanti,” terang Yute.
Bukan hanya pelatih kepala, Aspac juga melakukan perubahan di barisan roster. Bigman senior Antonius Joko Endratmo tidak lagi main karena menjadi asisten pelatih. Peran Joko sebagai leader akan diambil alih Wahyu Widayat Jati. Pemain yang karib disapa Cacing itu dulu adalah salah seorang yang paling dibenci fans Aspac karena lama bermain untuk SM.
Bukan hanya Aspac yang berubah. PJ juga melakukan perubahan signifikan. Ambisi merasakan gelar juara dilakukan dengan mengganti Rastafari Horongbala dengan coach Nath. Cukup? Belum.
CLS tidak mau kalah. Ditinggal center sekaligus kapten tim Agustinus Indrajaya yang pensiun, CLS mendatangkan Dian Heryadi. Dalam dua musim terakhir, pemain yang karib disapa Odong tersebut selalu masuk first team.
CLS juga berhasil mendapatkan pelatih Filipina Eduard Santos Vergeire sebagai nakhoda tim, menggantikan Risdianto Roeslan yang naik pangkat menjadi manajer. Di tangan coach Dong, panggilan Edward Santos Vergeire, CLS kembali pada permainan yang hilang musim lalu, run and gun.
”Tim ini lebih kompak, lebih tajam, dan bekerja dengan sangat keras. Coach Dong membuat kami menjadi lebih cepat. Kami sangat optimistis dan bersemangat menjelang musim reguler,” ucap Wijaya Saputra, guard CLS.
Bagaimana SM? Mereka tidak banyak melakukan perubahan. Namun, tetap saja mereka adalah salah satu unggulan utama. Salah satu yang menjadi keunggulan SM adalah pengalaman serta semangat tak mau kalah para pemain.
”Kami selalu ingin menjadi yang terbaik di setiap pertandingan yang kami jalani. Itu prinsip kami,” tegas kapten SM Faisal Julius Achmad.
Melihat berbagai perubahan serta semangat para kontestan, para pencinta basket Indonesia bakal mendapatkan suguhan pertandingan-pertandingan nan berkelas mulai preseason tournament akhir pekan ini. (ru/nur/c9/ang)
Grup A
Satria Muda Britama Jakarta
Amunisi Baru: Avan Seputra (SF)*, Kevin Yonas Argadiba Sitorus (PF)*, Frans Agustinus Tjaswadi (PG)*
Tiga pemain berpengalaman yang membawa kesuksesan pada Satria Muda selama bertahun-tahun sudah tidak ada dalam roster preseason tournament. Agung Sunarko, Wellyanson Situmorang memutuskan pensiun. Sedangkan Youbel masih teka-teki karena cederanya yang tak kunjung sembuh. Sebagai gantinya, SM merekrut tiga rookie muda potensial. Yakni dua eks penggawa tim nasional U-18 Kevin Yonas Sitorus dan Avan Seputra.
Garuda Bandung
Amunisi Baru: Diftha Pratama (SG)*, Reiner Hutasoit (SG)*, Chandistira Pranatyo (SG)*, Daniel Eka Putra (C)*, Mohammad Rizal Falconi (SF)*, Permadi Ario Damar (G)*, Hirnando Eka Putra (F)*, Jonathan Elyaday (G)*, Luke Martinus (PF)*, Johanes Pohan (F).
Garuda menjadi tim dengan rookie terbanyak di NBL Indonesia musim ini. Di preseason tournament, Garuda mendaftarkan sembilan muka baru. Mereka menggantikan enam pemain musim lalu yang sudah tidak ada dalam roster. Rookie Garuda diprediksi akan mendapatkan minute play yang banyak karena rotasinya cepat.
CLS Knights Good Day Surabaya
Amunisi Baru:  Adrian Bintoro (G)*, Ngurah Wisnu (PG)*, Dian Heryadi (C), Eduard Santos Vergeire (pelatih)
Masuknya pelatih asal Filipina Eduard Santos Vergeire diyakini membuat CLS Knights semakin kuat musim ini. Ciri khas Coach Dong yang mengandalkan kecepatan bakal mengembalikan karakter lama CLS yang hilang musim lalu. Kekuatan CLS tereduksi dengan pensiunnya kapten sekaligus center utama Agustinus Indrajaya. Namun masuknya Dian Heryadi, salah satu rebounder terbaik nasional membuat kehilangan Indra tak perlu terlalu diratapi.
Bimasakti Nikko Steel Malang
Amunisi Baru : M. Alan As’di (SG)* Hastomo Julyanggi (PF)*, William Frazier Mc Cammon (pelatih) 
Bimasakti Malang juga mengalami perubahan yang sangat minim. Mereka hanya mendaftarkan dua rookie, M. Alan As’di dan Hastomo Julyanggi. Namun kelebihan utama Bimasakti adalah menahan beberapa pemain agar tidak cepat pensiun. Antara lain kapten Denny Sartika, shooting guard Made Indra Novrihadi, dan center Gipsona Virgian. Menarik ditunggu bagaimana pelatih baru asal Amerika Serikat William F. McCammon meracik kekuatan Bimasakti yang bertumpu pada Yanuar Dwi Priasmoro.
Pacific Caesar Surabaya
Amunisi Baru : Erwin Subiantoro (SF)*, M. Aryo Rastomo (G)*, Airlangga Sabara (PF), Hari Suharsono (C), Charlie Fanny Indra (G), Eddy Santoso (Pelatih)
Masuknya mantan pemain Aspac Hari Suharsono membuat Pacific pantas mendapatkan perhatian. Kombinasi Hari dengan bintang lawas lainnya Pek King Dhay diperkirakan akan menarik. Hari dan King Dhay bisa menjadi mentor yang baik bagi pemain-pemain muda Pacific. Pelatih baru Pacific dari Bimasakti Eddy Santoso berjanji akan memaksimalkan kedua pemainnya itu.
NSH GMC Riau
Amunisi Baru : Dicky Riansyah (PG)*, Andhika Prakoso (PG)*, Andrianus Yudha Chrismardika (SG)*, Thedy Tirtahadi (PG)*, R. Azzaryan Pradhitya (G)*, Juliano Gandhi Sucipto (F).
Rekrutan baru terbaik NSH GMC Riau musim ini adalah Juliano Gandhi Sucipto yang mantan pemain Pelita Jaya Esia Jakarta. Pemain berpengalaman berusia 30 tahun tersebut masuk bersama lima pemain rookie. Salah satunya adalah Dicky Riansyah, point guard tim DBL Indonesia All-Star 2011. Ryan Febriyan dan Boy Elimar Damanik akan tetap menjadi bintang utama tim ini. Begitu juga Max Yanto.
---
Grup B
Dell Aspac Jakarta
Amunisi Baru: Andakara Prastawa Dhyaksa (PG)*, Stefan Carsera (F)*, Wahyu Hidayat Jati (F), Jugianto Kuntardjo (pelatih)
Aspac melakukan langkah mengejutkan dengan merekrut matan bintang Satria Muda Wahyu Hidayat Jati. Maklum dia sudah tidak muda lagi. Juli lalu pemain yang akrab disapa Cacing itu berusia 35 tahun. Selain Cacing, Aspac menurunkan dua rookie Andakara Prastawa Dhyaksa dan Stefan Carsera. Prastawa musim lalu sudah mencuri perhatian saat membantu Aspac menembus final preseason tournament.
Pelita Jaya Esia Jakarta
Amunisi Baru: Francisco Yogi Dasilva (SG)*, Robert Santo Yunarto (PG), Ferdinand Damanik (C)*, Nathaniel Canson (pelatih)
Coach of The Year NBL Indonesia musim lalu Nathaniel Canson menjadi perubahan penting di Pelita Jaya musim ini. Coach Nath didatangkan dari Hangtuah Sumsel IM menggantikan pelatih lama Rastafari Horongbala. Ada lima pemain lama Pelita Jaya yang keluar dengan berbagai alasan. Mereka digantikan tiga pemain baru yakni rookie Francisco Yogi Dasilva, point guard Robert Santo Yunarto, dan center Ferdinand Damanik.
Hangtuah sumsel Indonesia Muda
Amunisi Baru : Meigy Noristian Fatony (PG)*, Muhamad Iqbal (PF)*, Vega Kurniawan (SG)*, Elia Bukit (C), Apriyadi (pelatih)
Hangtuah Sumsel IM kehilangan dua pemain pentingnya musim ini yakni center Dian Heryadi dan point guard Robert Santo Yunarto. Hangtuah juga tidak akan dikomandani Nathaniel Canson. Namun, Hangtuah tetap menjadi ancaman, pengganjal tim-tim mapan. Sebab sejumlah pemain mudanya mulai menanjak. Center baru Elia Prana Bukit juga sangat termotivasi setelah dibuang CLS Knights. Komposisi starter tidak akan banyak berubah musim ini.
Stadium Jakarta
Amunusi Baru : Rizki Amrulloh (G), Indra Budianto (SG).
Stadium menjadi salah satu tim dengan perubahan paling minim di NBL Indonesia 2012-2013. Stadium hanya merekrut shooter berpengalaman Indra Budianto dari Garuda dan mendaftarkan guard Rizki Amrullah. Stadium masih mengandalkan wajah-wajah lama yakni Merio Ferdiansyah, Ruslan, dan Randolph Ariestedes. Forward kokoh Abdul Fattah Arifin tidak masuk dalam roster dan memutuskan pensiun.
Tonga BSC Jakarta
Amunisi Baru : Muhamad Nur El Islamy (SG)*
Inilah satu-satunya tim jelang Speedy NBL Indonesia Preseason Tournament yang hanya merekrut satu pemain baru. Shooting guard
21 tahun Muhammad Nur El Islamy masuk menggantikan Airlangga Sabara yang hijrah ke Pacific Caesar Surabaya. Kekuatan BSC masih bergantung pada point guard lincah Richardo Orlando Uneputty. Karena permainan atraktifnya, Uneputty terpilih masuk ke NBL Indonesia All-Star 2012.
Satya Wacana Angsapura Salatiga
Amunisi Baru: Ardian Ariadi (G)*, Rionny Rahangmetan (G)*, Budi Sucipto (PG), dan Tri Hartanto (C).
Penggawa Satya Wacana Angsapura Salatiga mendapatkan pengalaman penting di PON 2012. Mereka menjadi kunci Jawa Tengah untuk menembus babak final. Nama-nama lama tapi baru masuk mengisi roster Satya Wacana yakni point guard mungil Budi Sucipto dan center Tri Hartanto. Guard Respati Ragil Pamungkas dan forward Valentino Wuwungan yang sudah mulai pulih akan membuat tim ini menjadi penantang serius untuk ke championship series.
---
Keterangan:
PG: point guard; SG: shooting guard; G: guard; F: forward; SF: small forward; PF: power forward, C: center.
*: Rookie

No comments:

Post a Comment