Thursday, March 21, 2013

Cara Bermain Bola Tangkas Online Indonesia - Berlatih Tujuh Jam Sehari, PJ Bidik Juara

Cara Bermain Bola Tangkas Online Indonesia - Berlatih Tujuh Jam Sehari, PJ Bidik Juara 

Rgo88.com adalah tangkas online dengan setelan versi darat terpercaya - Optimisme tinggi memayungi Pelita Jaya (PJ) Esia Jakarta jelang menghadapi Speedy NBL Indonesia 2012-2013. Perubahan besar di sektor pemain dan pelatih membuat mereka percaya diri mematok target juara di kasta tertinggi basket profesional tanah air itu.

"Musim ini kami ingin juara. Memang ada beberapa pemain yang pensiun. Tapi, kami rasa pemain yang ada sudah cukup. Terutama di posisi bigman yang cukup banyak," terang Andiko Ardi Purnomo, komisaris PJ, saat ditemui seusai latihan rutin di Hall Basket Senayan, Jakarta, kemarin (1/10).

Ya, PJ memang ditinggal empat pilarnya. Mereka adalah Gian Gumilar, Juliano Gandhi Sucipto, I Gusti Ngurah Rustawijaya (ketiganya pensiun), serta Romy Chandra yang naik jabatan jadi asisten pelatih. Namun, PJ juga mendapatkan ganti tak kalah hebat. Mereka adalah eks playmaker Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda Robert Santo Yunarto dan pemain yang delapan tahun malang melintang di liga basket mahasiswa Filipina, Ferdinand Damanik. Komposisi pemain tersebut kian lengkap dengan polesan pelatih Nathaniel Canson yang direkrut dari Hangtuah.

Kemarin (1/10) Ferdinad menjalani latihan perdana bersama PJ. Penampilan pemain 24 tahun tersebut tampak belum maksimal karena masih kelelahan. Maklum, dia baru datang Minggu lalu (30/9).

"Saya juga kurang tidur. Badan saya terasa sangat letih. Saya membutuhkan waktu 3-4 hari untuk mengembalikan kondisi. Apalagi, setelah tampil di kampus, saya tak bermain selama dua bulan. Tapi, saya akan mencapai performance terbaik sesegera mungkin," terang pemain yang bisa berposisi sebagai power forward maupun center tersebut.

Latihan yang diterapkan Coach Nath -panggilan Nathaniel Canson- sendiri terbilang keras. Dalam sehari, Andy "Batam" Poedjakesuma dkk melahap menu latihan berdurasi 5-7 jam mulai Senin hingga Jumat. Sabtu pun, pemain harus berlatih tiga jam di pagi hari.

Latihan pagi dimulai pukul 07.00 dengan materi fitness dan lari dalam 2-3 jam. Pada sore harinya, pemain berlatih di Hall Basket Senayan atau Hoops Arena, Jakarta, selama 3-4 jam.

Nath mengaku bersyukur bisa memiliki kesempatan melatih PJ. Ini merupakan kali kedua baginya melatih tim tersebut setelah era 1990-an dulu."Saya mengamati PJ musim sebelumnya. Mereka sangat sering bermain individu. Kali ini sudah mulai berkurang meskipun belum hilang. Anak-anak jangan berpikiran juara terlebih dahulu. Mereka harus masuk ke final. Buat apa mikir juara kalau ternyata mereka selalu gagal di semifinal seperti dua musim sebelumnya," tutur Coach Nath. (ru/nur/c9/ang)

No comments:

Post a Comment